Banner 468 X 60

Minggu, 04 Juli 2010

Tidak Ada Al Mahdi Kecuali Isa 'Alaihissalam

لا مهد ي إلا عيسى

Tidak ada Al Mahdi kecuali Isa alaihissalam.

Hadits ini mungkar. Ia telah diriwayatkan oleh Ibnu Majah II/495, juga oleh Al Hakim IV/441, Ibnu Abdil Bar dalam kitabnya jami' al ilmi I/155, dari sanad Muhammad bin Khalid al jundi, dari Ibnu Aban bin Shaleh, dari Al Hasan dari Anas.
Sanad ini sangat lemah,kelemahannya terletak pada tiga hal,yaitu:

  1. An'anah(maksudnya yang sanadnya dengan menggunakan kata 'an fulan,'an fulan dan seterusnya). Hasan Basri,terbukti telah dengan sengaja pernah mencampur aduk riwayat.
  2. Kemajhulan perawi Muhammad bin Khalid seperti yang dinyatakan oleh Ibnu Hajar dalam kitabnya at taqrib.
  3. Perselisihan dan perbedaan sanadnya. Al Baihaqi berkata, Al Hafizh Abu Abdullah menyatakan bahwa Muhammad bin Khalid adalah majhul,tidak di kenal di kalangan pakar hadits.

Adz Dzahabi berkata, riwayat ini munkar sambil mengutarakan hadits serupa dengan sanad dari Ibnu Abi Ayyasyi dari Hasan secara mursal(terhenti sanadnya sampai kepada tabiin atau sahabat).
Ringkasnya,hadits-hadits yang menyatakan akan munculnya al Mahdi di akhir jaman nanti adalah shahih. Di riwayatkan oleh seluruh ashabus sunan dan shahihain.
Hadits dha'if yang oleh ash Shaghani dan asy Syaukani bahkan dinyatakan maudhu' ini adalah riwayat yang dijadikan landasan dalil bagi firqah Ahmadiyah dalam usahanya menguatkan anggapan mereka(para pengikutnya)bahwa Mirza ghulam ahmad adalah nabi. Kemudian ia mendakwa sebagai Isa atas dasar hadits tersebut tadi.
Dakwaan Mirza ini telah banyak menggoyahkan iman kaum dhuafa yang pengetahuan agamanya sangat minim. Dan seperti biasa,para penyeru yang batil selalu hanya di ikuti oleh orang-orang yang lemah imannya dan sangat minim pengetahuan agamanya.
Wallahul musta'an.


Sumber: Silsilah Hadits Dha'if Dan Maudhu jilid 1 Muhammad Nashiruddin Albani
Gema insani press cet 2 1998

0 komentar:

Posting Komentar