Banner 468 X 60

Selasa, 27 Juli 2010

Keutamaan Sahabat Nabi

Kemuliaan dan keutamaan para sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sungguh kelewat banyak. Para ulama sepakat bahwa sahabat paling mulia adalah sepuluh orang yang telah dijamin masuk surga. Sebaik-baik sepuluh orang itu adalah: Abu Bakar,kemudian Umar bin Khatab,Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib, radhiyallahu anhum. Tidak ada seorang pun yang meragukan hal ini kecuali ahli bid'ah,munafiq,orang jahat.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda di dalam hadits 'Irbadh bin Sariyah,

عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين من بعدي عضوا عليها بالنواجذ وإياكم ومحدثات الأمور

Wajiblah atas kalian berpegang dengan sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidin yang berpetunjuk sepeninggalku,gigitlah sunnah itu dengan gigi-gigi geraham. Hati-hatilah kalian terhadap hal-hal baru(dalam agama)(HR Tirmidzi)

Khulafaurrasyidin adalah:Abu Bakar,Umar,Usman dan Ali, radhiallahu anhum. Allah ta'ala pernah menurunkan firman Nya tentang kemuliaan Abu Bakar dalam beberapa ayat Al Quran.

Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan diantara kalian bersumpah bahwa mereka(tidak)akan memberi(bantuan)kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah,dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada(An Nuur:22)

Tidak ada yang memperselisihkan bahwa ayat tersebut berkenaan dengan Abu Bakar yang di sifati dengan keutamaan,Allah meridhoinya.
Allah berfirman lagi,

Sedang ia adalah salah seorang di antara dua orang di dalam gua(At Taubah:40)

Bahwa ayat tersebut juga tentang Abu Bakar juga tidak ada yang memperselisihkannya. Allah menjadi saksi atas persahabatannya dan Allah memberikan berita gembira dengan kedamaian. Ia juga dihiasi dengan kata Tsaniya itsnaini(satu diantara dua) sebagaimana Umar bin Khatab berkata, siapakah yang lebih mulia daripada satu di antara dua orang sedang Allah yang ketiganya.

Allah ta'ala berfirman,
Dan orang yang membawa kebenaran(Muhammad) dan membenarkannya,mereka itulah orang-orang yang bertakwa.(Az Zumar:33)

Ja'far Ash Shadiq berkata, tidak ada yang memperselisihkan bahwa yang datang dengan membawa kebenaran adalah Rasulullah dan yang membenarkannya adalah Abu Bakar. Kedudukan apalagi yang lebih mulia daripada kedudukannya? Allah telah meridhoi mereka semua.


Al Kabair(Imam Adz Dzahabi)

0 komentar:

Posting Komentar