Banner 468 X 60

Kamis, 09 September 2010

Ikhas Adalah Pohon Yang Buahnya Adalah Kebahagiaan Hidup Di Dunia Dan Akhirat

Tahun adalah pohon,sedangkan cabang-cabangnya ialah bulan. Hari-hari adalah rantingnya,jam dan menit ialah dedaunannya,sedang desah-desah nafas merupakan buahnya. Bila desah-desah nafas itu berada dalam ketaatan,maka buah dari pohon tersebut merupakan buah yang baik. Sebaliknya,apabila butir-butir nafas itu berada dalam kemaksiatan,maka buah pohon tersebut busuk lagi pahit. Manis dan pahitnya buah tersebut akan terbukti nanti kelak pada hari kiamat setelah kematian.

Ikhlas dan tauhid adalah pohon yang ditanam di taman hati. Amal perbuatan adalah cabang-cabangnya,sementara buahnya adalah kehidupan yang baik di dunia dan kenikmatan abadi di alam baka.
Syirik,dusta,serta riya merupakan pohon yang tumbuh di pekarangan kalbu. Buahnya di dunia ialah rasa takut,susah, dan duka cita,sempit dada dan kegelapan dalam kubur,sedang buahnya di akhirat ialah pohon zaqqum(makanan bagi orang-orang yang banyak berdosa di neraka) dan azab yang kekal.
Allah Ta'ala menyebutkan kedua pohon ini dalam surat Ibrahim,
Tidaklah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik,akarnya teguh dan cabangnya(menjulang)kelangit. Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seijin Rabbnya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah di cabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi, tidak dapat tetap(tegak)sedikit pun.(Ibrahim:24-26)


Sumber: Pesan-pesan spiritual Ibnul Qoyyim,
Gema Insani Press

0 komentar:

Posting Komentar