Banner 468 X 60

Kamis, 09 September 2010

Ciri-ciri Kebahagiaan dan Kesengsaraan

Di antara ciri-ciri kebahagiaan dan keberuntungan ialah setiap kali seorang hamba bertambah ilmunya,maka tawadhu' dan kasih sayangnya bertambah,manakala amalnya bertambah,rasa takut dan waspadanya bertambah,ketika umurnya bertambah tua,kerakusannya terhadap kehidupan dunia berkurang,dan setiap kali hartannya bertambah,bertambah pula lah kedermawanan dan pengorbanannya. Juga setiap kali bertambah kedudukannya,bertambahlah kedekatannya dengan orang-orang dan bantuannya kepada mereka.

Sedangkan, di antara tanda-tanda kesengsaraan adalah setiap kali ilmu seorang bertambah,ia bertambah sombong dan sesat,setiap kali amalnya bertambah,ia kian bangga diri dan semakin menghina dan meremehkan orang lain. Juga setiap kali usianya bertambah,bertambahlah kerakusannya,ketika hartanya bertambah, ia kian pelit dan sombong, dan setiap kali kedudukannya bertambah tinggi,ia semakin angkuh dan sesat.

Semua ini sebenarnya ujian dari Allah yang dengannya seorang hamba bahagia dan sengsara. Kemuliaan dan kehormatan seperti kekuasaan,kerajaan,dan kekayaan merupakan cobaan dari Allah. Perhatikanlah firman Allah Azza wa Jalla berikut tentang Nabi Nya,Sulaiman alaihissalam saat melihat singgasana ratu Balqis, bertutur,

"....Ini termasuk karunia Rabbku untuk mencoba aku dan apakah aku bersukur atau kafir(akan nikmat Nya)...."(An Naml:40)

Jadi ,sebagaimana halnya musibah,nikmatpun adalah cobaan dari Allah Ta'ala.


Sumber: Pesan-pesan Spiritual Ibnul Qoyyim , Gema Insani Press.

0 komentar:

Posting Komentar