Banner 468 X 60

Kamis, 09 September 2010

Do'a Nabi Ayyub 'alaihissalam dan Nabi Yusuf 'alaihissalam

Di dalam Al Quran Allah subhanahu wata'ala berfirman:

وأيوب إذ نادى ربه أني مسني الضر و أنت أرحم الراحمين

Dan(ingatlah kisah) Ayyub,ketika ia menyeru Rabb nya,(wahai Tuhanku),sesungguhnya aku telah di timpa penyakit dan Engkau adalah Rabb yang maha penyayang diantara semua penyayang.(Al Anbiya:83)

Juga Allah Ta'ala berfirman tentang Yusuf 'alaihissalam,

أنت وليي فى الدنيا والأ خرة تو فني مسلما وألحقني بالصالحين

Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat,wafatkanlah aku dalam keadaan islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang soleh.(Yusuf:101)

Ayat pertama yang merupakan doa nabi Ayyub berisi gabungan antara hakikat tauhid,pernyataan tentang kebutuhan kepada Allah,adanya rasa cinta kepada Nya,dan pengakuan akan sifat penyayangnya Allah,bahwa Dia adalah maha penyayang dari semua penyayang. Selain itu,nabi Ayyub 'alaihiwasalam juga bertawassul dengan sifat-sifat Allah.
Bila seseorang yang tertimpa kemalangan berdoa dengan doa seperti ini,maka petaka dan kemalangannya akan dilenyagkan oleh Allah Azza wajalla.
Sedangkan,ayat kedua(tentang doa Yusuf alaihiwasallam)memuat kumpulan pengakuan terhadap tauhid,kepasrahan diri kepada Rabb,pernyataan butuh kepada Nya,berlepas diri dari berloyalitas(ber wala')kepada selain Allah, dan wafat dalam keadaan islam sebagai tujuan teragung si hamba,bahwa hal itu ditangan Allah,bukan ditangan hamba. Juga memuat pengakuan terhadap alam baka sebagai tempat kembali dan permintaan agar bergabung dengan orang-orang yang beruntung dan bahagia.


Sumber: Pesan-pesan spiritual Ibnul Qoyyim Gema insani press

0 komentar:

Posting Komentar